HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MASYARAKAT DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL PUSKESMAS SEMPAJA

  • Nadiah Dinillah UNMUL
  • Riries Laboratorium Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Universitas Mulawarman
  • Evi Laboratorium Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Universitas Mulawarman
Keywords: Perception, JKN, Utilization of Health Services

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) is a program from the government to provide health insurance for all Indonesian people in order to have a healthy and prosperous life. Health care is an organization to maintain and improve health, prevent and cure disease, and restore the health of individuals, families, groups and communities. Utilization of health services is the result of the process of seeking services by individuals or certain groups. Utilization of health services can be influenced by perceptions. Perception consists of knowledge, needs, and social support. The purpose of this study was to determine the association between public perception with  utilization of health services for JKN participants at the Sempaja Health Center. This research is an observational analytic study with a cross sectional approach. The results of this study are that there is a significant association between the perception of knowledge on the use of health services with a p-value of 0.000, there is a significant association between the perception of need for the use of health services with a p-value of 0.000, there is no association between the perception of social support on the use of health services with p -value 0.71.

References

DAFTAR PUSTAKA

1. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. 2020. Kabupaten / Kota Se-Provinsi Kalimantan Timur Siap Songsong Cakupan Kesehatan Semesta. Available from: https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2018/648/KabupatenKota-Se Provinsi-Kalimantan-Timur-Siap-Songsong-Cakupan-Kesehatan-Semesta. Diakses pada 23 Maret 2021.
2. Candra, C., Hilda, H., Djasri, H. 2020. Evaluasi Kebijakan Mutu Layanan Kesehatan dalam Era JKN di Provinsi Kalimantan Timur. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. https://kebijakankesehatanindonesia.net/datakesehatan/file/Laporan-evaluasi-kebijakan-JKN-2020.pdf
3. Endartiwi, S.S. 2018. Persepsi Masyarakat terhadap Kemauan untuk Mendaftar Menjadi Peserta Mandiri JKN. Jurnal Health of Studies No. 2, Vol. 2. DOI: https://doi.org/10.31101/jhes.381
4. Issanti, D.D. 2018. Gambaran Penerimaan Sistem Virtual Account Colective oleh Peserta Mandiri BPJS Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember Tahun 2017. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/85968/Dinda%20Destra%20Issanti%20-%20132110101149_.pdf?sequence=1
5. Jafar, N., Wiarsih, W., Permatasari, H. 2011. Pengalaman Lanjut Usia Mendapatkan Dukungan Keluarga. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 14, No. 3, November 2011; hal 157-164
6. Jayanti, F., Arista, N.K. 2018. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Kompetensi, Vol 12, No 2, Oktober 2018.
7. Kasiati, Rosmalawati, N.W.D. 2016. Kebutuhan Dasar Manusia 1. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
8. Kementerian Kesehatan RI. 2014. Panduan Praktis Pelayanan BPJS. Jakarta:Kementrian Kesehatan RI.
9. Kementerian Kesehatan RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas.
10. Kusumaningrum, A. Azniar, M. 2018. Kepersertaan Masyarakat dalam Jaminan Kesehatan Nasional Secara Mandiri. Journal of Public Health Research and development.
11. Laurentina, Y, Asrinawaty, A , Dhewi, A. 2020. Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Pasien dengan Pemanfaatan Layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas Cempaka Banjarmasin Tengah Tahun 2020. Universitas Islam Kalimantan Arsyad Al Banjari. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3776/1/ARTIKEL%20YORIKO%20FIX.pdf
12. Maulana, H. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: Kedokteran ECG (Hlm.194).
13. Mubarak, W. I., & Cahyatin, N. (2009). Ilmu Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika (Hlm. 132).
14. Noviandra, V.A. 2016. Model Pelayanan Kesehatan (Studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal care di Puskesmas Peterongan Kabupaten Jombang). Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 4, Nomor 3. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmpca9517c0abfull.pdf
15. Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A. 2021. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis ISBN: 978-623-6840-73-3 (Hlm. 44-47). http://lib.stikes-mw.id/wp-content/uploads/2021/03/FullBook-Promosi-Kesehatan-dan-Perilaku-Kesehatan.pdf
16. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 tentang. Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan
17. Puspitasari, Y. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Kepersertaan Jaminan Kesehatan Nasional pada Pekerja Bukan Penerima Upah di Desa Kasiyan Timur Wilayah Kerja Puskesmas Kasiyan Kabupaten Jember. Skripsi Universitas Jember. Available from: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80978
18. Pribadi B.A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Hlm. 96-103).
19. Silva, R.B.D. (2011). A Global Approach to Evaluation of Health Services Utilization: Concept and Measure
20. Syah, M.A.T. 2017. Hubungan Persepsi Masyarakat Tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Keikutsertaan Menjadi Peserta BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Minasa Upa Kota Makassar. Skripsi Universitas Hasanuddin http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YWM4NDBmYTkxZDAyNjJmMjBiNTE5NjdjMDkwMmExNjIwYTBlZDk3NA==.pdf
21. Rice D, Kocurek B, Snead CA. Chronic disease management for diabetes : Baylor Health Care System’s coordinated efforts and the opening of the Diabetes Health and Wellness Institute. 2010;75210(3):230-234
22. Syafaat, A.W., Pulungan, R.M., Permatasari, P. 2019. Pemanfaatan Prolanis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Wilayah Kota Depok. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 18(4). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi/article/download/24333/16421
Published
2022-03-31
Section
Articles
Abstract = 451 times
PDF downloaded = 264 times