HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG PEMBERIAN ASI DENGAN USIA PENYAPIHAN DI PUSKESMAS PASUNDAN SAMARINDA TAHUN 2017

  • Imroatus Sholikah Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
  • Dwi Ryan Ariestantia Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
  • Lathifah Nur Rahmadhani Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
  • Besse Lidia Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
Keywords: pengetahuan, ASI, usia penyapihan

Abstract

ASI sebagai makanan alamiah adalah makanan terbaik bagi bayi. ASI juga mengandung zat pelindung yang dapat menghindari bayi dari berbagai penyakit infeksi.Periode pertumbuhan otak yang paling kritis dimulai dari janin sampai anak berusia 2 tahun, apabila pada masa tersebut anak menderita kekurangan gizi dapat berpengaruh negatif terhadap jumlah dan ukuran sel otaknya, dalam hal ini pemberian ASI hingga 2 tahun sangat dianjurkan. Penelitian ini menggunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai balita berumur 24 bulan di Puskesmas Pasundan pada bulan Mei-Juni adalah 148 orang dengan jumlah sampel 34 orang dengan menggunakan tekhnik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis statistik menggunakan uji Chi Square dengan α = 0,05 Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan menggunakan uji Chi Square diketahui bahwa nilai p < α (0,009< 0,05) dan X² hitung > X² tabel (9,457> 5,591), dengan demikian artinya ada hubungan antara pengetahuan ibu menyusui tentang pemberian ASI di Puskesmas Pasundan Samarinda tahun 2017.

Published
2019-08-19
How to Cite
Sholikah, I., Ryan Ariestantia, D., Nur Rahmadhani, L. and Lidia, B. (2019) “HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG PEMBERIAN ASI DENGAN USIA PENYAPIHAN DI PUSKESMAS PASUNDAN SAMARINDA TAHUN 2017”, Jurnal Kebidanan Mutiara Mahakam, 6(2), pp. 31-40. doi: 10.36998/jkmm.v6i2.32.
Section
Articles
Abstract = 192 times
PDF downloaded = 157 times