ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN RUPTURE PERINEUM PADA IBU BERSALIN

  • Dwi Ryan Ariestantia Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
  • Eva Purwaningtias Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
Keywords: Rupture Perineum, Ibu Bersalin

Abstract

Rupture perineum adalah luka jalan lahir yang dapat terjadi secara spontan karena perineum kaku, persalinan presipitatus, pimpinan persalinan yang salah, tidak terjalinnya kerjasama yang baik dengan ibu selama proses persalinan, penggunaan perasat manual yang tidak tepat. Rupture perineum karena episiotomi memperluas jalan lahir karena bayi besar, prematur, kelainan letak serta persalinan dengan tindakan vakum / forcep.
Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian rupture perineum pada persalinan normal.
Penelitian ini bersifat analitik deskriptif dengan menggunakan desain Retrospektif atau pengumpulan data sekunder. Populasi penelitian adalah semua ibu yang dengan kejadian rupture perineum pada ibu bersalin pada tahun 2016. Analisis menggunakan uji statistik chi square.
Menunjukkan terdapat hubungan umur dengan kejadian rupture perineum pada ibu bersalin. Hasil penelitian menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 2 (X tabel) untuk variabel usia, paritas dan BBL. Faktor umur dida pat hasil nilai X2 = 160,302 > 5,99 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Faktor paritas didapat hasil X2 = 90,792 > 5,99 dan BBL didapat hasil X2 = 173,613 > 5,99.
Ada hubungan yang signifikan antara faktor umur paritas, dan BBL dengan kejadian rupture perineum pada persalinan normal.

Published
2019-08-16
How to Cite
Ryan Ariestantia, D. and Purwaningtias, E. (2019) “ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN RUPTURE PERINEUM PADA IBU BERSALIN”, Jurnal Kebidanan Mutiara Mahakam, 4(2), pp. 51-60. Available at: https://jurnal.stikesmm.ac.id/index.php/jkmm/article/view/7 (Accessed: 19April2024).
Section
Articles
Abstract = 524 times
PDF downloaded = 745 times