FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA CAKUPAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI UMUR 0-6 BULAN DI BIDAN PRAKTIK SALASIAH GUN KECAMATAN PALARAN SAMARINDA TAHUN 2017

  • Siti Noorbaya Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
  • Stephanie Sorta Llyod Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
  • Yessica Eka Putri Akademi Kebidanan Mutiara Mahakam
Keywords: ASI eksklusif, bayi baru lahir

Abstract

Angka kematian bayi yang cukup tinggi di dunia dapat dihindari dengan pemberian air susu ibu, pemberian ASI semaksimal mungkin merupakan kegiatan yang berperan penting dalam pemelitharaan anak dan persiapan generasi penerus dimasa depan. Banyaknya bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif disebabkan oleh karakteristik ibu diantaranya umur ibu yang terlalu muda sehingga tidak mengerti akan kebutuhan bayi, pendidikan yang tidak memadai, pertama kali melahirkan sehingga tidak tahu pentingnya ASI eksklusif, pekerjaan, mementingkan keindahan tubuh pasca persalinan, atau juga bisa disebabkan oleh kurangnya pengetahuan ibu disebabkan ibu tidak mendapatkan informasi dari pihak kesehatan, keluarga dan masyarakat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya cakupan ASI eksklusif pada bayi umur 0-6 bulan di bidan praktik Salasiah Gun Kecamatan Palaran Samarinda tahun 2017. metode atau teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability sampling tipe (quota sampling). teknik Quaota sampling yaitu pengambilan sampel secara quota dilakukan dengan cara menetapkan sejumlah anggota sampel secara quotum atau jatah. dalam menentukan besarnya sampel,apabila subjek penelitian kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. selanjutnya, jika jumlah subjeknya besar dapat diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. selanjutnya, jika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. dalam hal ini peneliti mengambil sampel 20% dari populasi yang ada. sehingga dapat diketahui jumlah sampel adalah 195 orang x 20% = 39 orang. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya cakupan ASI eksklusif pada bayi umur 0-6 bulan di Bidan Praktik Salasiah Gun Kecamatan Palaran Tahun 2017, maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu terhadap pemberian ASI Eksklusif masih kurang.

Published
2019-08-19
How to Cite
Noorbaya, S., Sorta Llyod, S. and Eka Putri, Y. (2019) “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA CAKUPAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI UMUR 0-6 BULAN DI BIDAN PRAKTIK SALASIAH GUN KECAMATAN PALARAN SAMARINDA TAHUN 2017”, Jurnal Kebidanan Mutiara Mahakam, 5(2), pp. 68-72. Available at: https://jurnal.stikesmm.ac.id/index.php/jkmm/article/view/19 (Accessed: 28March2024).
Section
Articles
Abstract = 612 times
PDF downloaded = 233 times

Most read articles by the same author(s)